sponsor

sponsor

Slider

Materi dan Tutorial Khusus Untuk Membuat Situs Web Dan Blog Bagi Pemula Hingga Tingkat Mahir. Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Posts

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » » » Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web Anda

Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web Anda

Layanan Hosting yang baik bisa menunjang kesuksesan bisnis online anda. Seperti anda sudah ketahui Hosting adalah salah satu bagian vital dari menjalankan bisnis online karena tanpa hosting website tidak bisa online dan diakses melalui internet.

Sebagai pebisnis online, tentunya harus mengetahui hosting yang baik untuk website anda. Hosting yang baik bisa anda lihat lagi pada tutorial Cara Memilih Hosting yang SEO friendly

Dalam dunia hosting, sering kali kita mendengar kata Uptime dan Downtime. Uptime menunjukkan waktu dimana server hosting bekerja secara normal dalam kondisi baik. Sedangkan Downtime menunjukkan kondisi server sedang dalam kondisi tidak baik sehingga bekerja tidak normal. Ketika uptime maka biasanya website bisa diakses secara normal. Pada saat sedang downtime maka biasanya website tidak bisa diakses.

Uptime dan downtime adalah hal biasa yang terjadi dalam sebuah layanan hosting, tapi bagaimana jika hosting anda sering mengalami downtime? Bisa dibayangkan anda akan kehilangan banyak penjualan ketika sedang downtime karena web tidak bisa diakses. Untuk itulah anda harus bisa mengetahui kapan server anda downtime, sehingga anda bisa mengevaluasi dan memutuskan apakah sudah saatnya anda berpindah layanan hosting.

Uptime dan Downtime servis layanan hosting anda bisa anda monitor dengan mudah menggunakan tools online yaitu HOST TRACKER. Banyak manfaat anda menggunakan tools online tersebut antara lain:
  • Anda akan mendapatkan alert baik via email maupun sms ketika server hosting anda sedang mengalami downtime dan uptime.
  • Tools ini melakukan pengecekan server hosting anda setiap 5 menit sekali. Rentang waktu yang detil memungkinkan laporan yang diberikan lebih detil dan teliti.
  • Laporan report uptime dan downtime diinfokan secara detail berapa lama server mengalami downtime dalam sehari,seminggu,sebulan, setahun.
  • Anda bisa memonitor lebih dari satu URL website secara bersamaan.
  • Yang terpenting adalah tools ini bisa anda gunakan secara GRATIS.
Anda bisa memasangkan widget ini ke dalam website/blog anda. Caranya cukup mudah dan sederhana.
  1. Kunjungi website penyedia layanan Host Tracker disini.
  2. Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk membuat akun. Akun ini nantinya bisa anda gunakan untuk melakukan pelacakan report histori monitoring service hosting anda. Klik pada link Register and add report to your site!. Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web
  3. Isikan data-data anda dengan benar dan selengkapnya agar report yang anda hasilkan akan akurat. Setelah anda berhasil membuat akun silahkan login terlebih dahulu.Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web
  4. Pada jendela administrator host tracker anda pilih tab "Uptime buttons". Copy paste kode tersebut ke website anda.Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web
  5. Untuk menambahkan layanan Alerts (alarm pengingat), lakukan setting pada tab "Contact". Isikan email atau nohp anda pada parameter "Contacts".Cara Cek Uptime Downtime Service Hosting Web
  6. Klik tombol "Save" untuk menyimpan setting untuk Alerts.
  7. Jika anda melakukan setting dengan benar maka anda akan menerima alerts ketika server hosting sedang mengalami downtime dan uptime. Lakukanlah evaluasi apakah anda harus berpindah menggunakan service hosting lain yang lebih baik.
  8. Selamat mencoba..!
Tips:
Nilai prosentase uptime 90% - 100 % adalah Normal (Baik). sedangkan nilai < 90% menunjukkan beban server yang anda gunakan cukup berat sehingga server anda sering mengalami downtime. Saya menyarankan anda berkonsultasi dengan tim support hosting mengapa sering terjadi downtime dan apakah jenis hosting yang anda gunakan sudah tepat (ex: vps,dedicated,atau shared hosting)  untuk website anda. Jika tidak mendapatkan solusi sebaiknya anda pindah ke lain hosting untuk mendapatkan servis yang lebih baik.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama