sponsor

sponsor

Slider

Materi dan Tutorial Khusus Untuk Membuat Situs Web Dan Blog Bagi Pemula Hingga Tingkat Mahir. Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Posts

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » » » » » » » » » Cara Cepat dan Mudah Membuat Aplikasi Formulir untuk Website

Cara Cepat dan Mudah Membuat Aplikasi Formulir untuk Website

Kursus website toko onlineSetiap website biasanya memiliki minimal satu atau lebih aplikasi formulir. Aplikasi formulir bisa berupa kontak,pendaftaran, form order, form survey dan atau yang lainnya. Biasanya pembuatan form tertentu  untuk website dibuat dengan melakukan coding atau menuliskan code script ke dalam website. Tentunya bagi anda yang awam bahasa pemrograman web pasti akan mengalami kesulitan.

Tapi jangan kuatir, sekarang sudah ada fasilitas form builder yang tersedia secara online dan gratis.  Aplikasi ini memudahkan kita dalam membuat beragam aplikasi formulir tanpa harus  tahu bahasa programming.  Dengan aplikasi ini anda bisa membuat form online dalam waktu yang relatif cepat dan tentunya profesional.  Aplikasi form builder online yang saya maksud adalah JotForm. Form builder ini bisa diaplikasikan untuk bermacam-macam platform website (misalnya: Joomla,Wordpress,Drupal,Oscommerce,Opencart,dll)

Aplikasi ini bisa anda manfaatkan secara gratis.  Baiklah, saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat form secara mudah,cepat, dan profesional menggunakan JotForm.
1. Kunjungi websitenya di http://www.jotform.com. Anda harus  melakukan proses  Sign up terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan fitur Form Builder tersebut.
Kursus Website
2. Setelah proses Signup selesai maka anda akan mendapatkan kiriman email konfirmasi dan validasi untuk aktifasi Login. Klik menu atas “Login”. Masukkan Username dan Password.
Kursus Website
 3. Silahkan login menggunakan akun yang anda buat pada saat Signup. Selanjutnya klik tombol “Create Form”.
 Kursus Website
4. Pilih “Blank Form” untuk membuat formulir baru sesuai selera anda. Klik tombol “Create”.
 Kursus Website
5.  Pembuatan form dengan cara “Drag & Drop” atau “Tarik dan Letakkan”. Perhatikan pada Navigasi sebelah kiri. Tarik variabel  form ke jendela tengah dengan mouse anda kemudian Edit “Nama  Variabelnya”.  Anda bisa lihat seperti contoh gambar dibawah ini:

Kursus Website
6. Jika sudah selesai membuat form, langkah berikutnya adalah melakukan Setting halaman “Terimakasih” dan Notifikasi Email ke Anda. Secara otomatis notifikasi akan terkirim ke email utama yang anda gunakan pada saat proses Signup. Akan tetapi anda bisa juga menggunakan email yang lain untuk pengiriman  notifikasi.
7. Perhatikan icon menu atas. Klik pada icon “Email Alerts” kemudian klik pada link teks “Notification”. Edit "From Name" dan "Recipient Email". Selanjutnya klik tombol “Finish”.
Kursus Website
8. Berikutnya adalah mensetting halaman “Terimakasih’. Masih di menu atas, klik icon “Thanks Wizard”. Pilihlah salah satu opsi. "Default Thank You Page" digunakan jika anda ingin menggunakan halaman Terimakasih yang dibuatkan oleh JotForm,  "Custom URL" digunakan jika anda ingin mengarahkan halaman terimakasih ke URL tertentu dalam website anda. Dan jika anda ingin membuat halaman terimakasih sendiri pilih opsi “Thank You message”.
 Kursus Website
9.    Edit halaman “Thank You message” dengan menggunakan teks editor yang sudah tersedia. Anda juga bisa memasukkan variabel form ke dalam teks anda. “Tarik dan Letakkan” variabel form ke dalam teks editor seperti contoh gambar dibawah ini.
 Kursus Website
10. Langkah berikutnya adalah mendapatkan script code formulir anda. Klik pada icon “Embed form”. Pilih platform website yang anda gunakan. Maka selanjutnya akan tampil code script. Copy dan Pastekan code tersebut ke dalam website anda.
 Kursus Website
11.    Jika sudah selesai, Simpan form dan berikan judul form. Secara otomatis jika ada submission maka data bisa dilihat pada Email notifikasi yang terkirim ke email anda dan atau melalui website JotForm melalui menu “My Form” >> Pilih Nama Form >> Klik tab dropdown “More”. Pilih link teks “View Submissions”.  Img13
 Kursus Website
12. Hasilnya anda akan melihat semua submission pada formulir yang sudah anda buat. Mudahkan..? Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama