sponsor

sponsor

Slider

Materi dan Tutorial Khusus Untuk Membuat Situs Web Dan Blog Bagi Pemula Hingga Tingkat Mahir. Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Posts

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

Memilih domain yang baik


Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti deretan angka identitas dalam jaringan yang disebut IP Address. Dengan adanya domain maka sebuah alamat web/blog gampang dikenal dan diingat oleh pengunjungnya.

Dari sisi lain, sebuah domain adalah sebuah merk dagang di dunia internet sehingga kita sebagai pemilik harus mencari nama yang tepat agar gampang diingat oleh pengunjung dan tentunya sesuai dengan isi web/blog. contoh untuk nama hotel, nama perusahaan atau kantor bahkan nama pribadi.
Beberapa pertimbangan dalam memilih domain adalah :
  1. Mebuat nama yang identik dengan pemilik atau isi web/blog. Misal untuk toko online kaos anda bisa memberi nama kaos-cantik, toko-kaos, kaos-murah dan lainya.
  2. Singkat, jelas dan mudah diingat.
    Jangan membuat domain lebih dari 3 kata, usahakan seperti pada poin pertama. Hindari penamaan seperti toko-online-murah-meriah, atau kantor-pemerintah-kota-namakota karena ini sangat menyulitkan.
    Atau kadang kita temui dengan nama yang menggunakan bahasa daerah, ini juga kurang baik karena domain digunakan didunia internet dengan pangsa pasar global.
  3. Kemudian, web/blog ini digunakan untuk keperluan apa. Misal untuk toko online yang sifatnya komersil lebih disarankan .com, untuk kantor pemerintahan .gov atau .go.id, untuk universitas .ac.id dan lainya. Memang tidak ada aturan, undang-undang atau hukum yang mengatur ini, tapi masing-masing kategori sudah disediakan berdasarkan fungsinya. go.id (goverment indonesia) atau .gov (government), .ac.id (academic id), .com (commercial) atau .co.id (commercial indonesia) dll.
Jika sudah ketemu nama yang sesuai dengan 3 kriteria diatas, tinggal kita cek keberadaannya. Apakah sudah digunakan oleh orang lain atau belum. Karena satu nama domain hanya boleh digunakan oleh satu orang/organisasi.
Untuk mengeceknya silahkan buka http://whois.domaintools.com, anda tinggal masukkan nama domainnya. Di web tersebut juga tersedia informasi pemilik dan statusnya dsb. Jika statusnya masih belum digunakan, anda tinggal mendaftarkanya melalui perusahaan yang memberikan layanan pendaftaran domain.
Jika anda berminat membuat domain atau hosting baru, jangan sungkan untuk konsultasi dengan kami.

Semoga bermanfaat.
Belinus Kilungga,S.Kom

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama