sponsor

sponsor

Slider

Materi dan Tutorial Khusus Untuk Membuat Situs Web Dan Blog Bagi Pemula Hingga Tingkat Mahir. Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Posts

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

Apa itu desain web

Desain web adalah sekumpulan keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website. Disiplin ilmu dan keterampilan dalam bidang desain web meliputi 5 hal yaitu :
  1. Desain grafis
    Desain grafis ini berhubungan dengan bagaimana visualisasi grafis yang akan ditanamkan dalam sebuah website yang tentunya mencakup tentang penggunaan kombinasi warna, jenis tulisan, gambar yang digunakan sampai dengan kesesuaian dengan konsep yang akan dibuat.
  2. Desain tatap muka/interface
    Desain web juga tidak terlepas bagaimana sebuah website bisa berinteraksi dengan pengunjung melalui rancangan tatap muka yang terstruktur agar informasi yang disampaikan sesuai dengan harapan
  3. Penyusunan konten
    Tentunya selain visualisasi grafis dan tatap muka yang baik, konten yang dipublikasikan juga harus berkualitas dengan cara penentuan topik yang sesuai serta cara penyusunan yang baik.
  4. Penulisan kode
    Ini berhubungan dengan bagaimana sistem penyajian informasi bisa bekerja stabil dan maksimal, tanpa ada gangguan dan dapat digunakan pada kondisi yang dinamis. Kondisi dinamis disini mengarah kepada keragaman jenis pengunjung dan teknologi maupun perangkat yang digunakan.
  5. Optimalisai mesin pencari atau yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).
    Agar informasi yang disampaikan bisa menyebar seluas-luasnya serta mengundang banyak pengunjung tentunya penggunaan teknik SEO yang baik sangat diperlukan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya desain web dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang berbeda sesuai dengan 5 poin diatas, walaupun sering juga ditemui desain web bisa dilakukan oleh satu orang.
Desain web mulai berkembang sejak tahun 1991 seiring dengan lahirnya teknologi World Wide Web (WWW). Hal ini diikuti pula dengan bermunculanya  beberapa jenis perangkat lunak untuk menampilkan halaman web atau yang sering disebut browser.
Sekitar tahun 1996, desain web semakin berkembang pesat dengan hadirnya beberapa teknologi pendukung yang diintegrasikan pada browser seperti css, javascript dll.

Semoga bermanfaat

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama