sponsor

sponsor

Slider

Materi dan Tutorial Khusus Untuk Membuat Situs Web Dan Blog Bagi Pemula Hingga Tingkat Mahir. Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Posts

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» » » » » » » » » » Anda membuat sebuah website diperlukan sedikitnya 4 langkah


Web Design Minimalis
Memilih desain terbaik untuk web perusahaan anda sangatlah penting, kecuali jika anda hanya ingin membangun sebuah web berbasis bisnis, mungkin anda tidak terlalu memikirkan bagaimana desainnya melainkan bagaimana sistem bisnis pada web tersebut berjalan optimal. Membangun sebuah website memerlukan proses dan waktu yang tidak cepat.
Untuk membantu Anda membuat sebuah website diperlukan sedikitnya 4 langkah, yaitu :

1. Memastikan tujuan pembuatan website

Sebelum anda mencari perusahaan jasa pembuatan website, alangkah baiknya jika anda mendifinisikan garis besar isi dan tujuan dari web yang ingin anda buat. Buatlah beberapa pertanyaan yang dapat menunjang dalam suksesnya pembuatan web anda, seperti dibawah ini :
- Apa tujuan anda membuat website?
- Apakah web tersebut menjual atau hanya sekedar company profile?
- Apakah anda memiliki katalog produk?
- Siapa saja target pasar anda?
- Apakah sudah punya merk?
- Siapa saja kompetitor anda?
- Apakah mereka sudah mempunyai website? Jika iya, seperti apa website mereka?
- Seberapa cepat anda ingin web anda langsung jadi?
- Apa yang terjadi jika anda tidak membuat website tersebut?

Mungkin untuk menjawab pertanyaan diatas agak memakan waktu, namun jika anda mempunyai waktu luang anda dapat menulis jawabannya di selembar kertas. Karena pertanyaan tersebut biasanya akan ditanyakan terlebih dahulu oleh setiap perusahaan jasa web design sebelum mereka membuat web perusahaan anda. Jika anda sudah mendapatkan semua jawaban diatas, anda akan mempunyai beberapa kriteria untuk memilih desain terbaik untuk website anda. Misal jika anda ingin membuat web toko online, maka sebaiknya anda mencari perusahaan yang sudah berpengalaman membuat toko online, selain dari kualitasnya yang baik, mereka juga akan lebih cepat menyelesaikan proses pembuatan website anda, karena pengalaman yang mereka miliki untuk membuat web sejenis.

2. Tentukan biayanya

Berapa biaya yang anda targetkan untuk website tersebut. Jika anda masih awam tentang harga web design, ada baiknya anda melakukan survey harga dulu ke beberapa Perusahaan jasa web design, yang kemudian dari hasil survey tersebut anda dapat mengira2 berapa budget yang diperlukan. dengan demikian ketika anda bernegosiasi dengan perusahaan pembuat web, anda sudah mempunyai data yang lengkap.

3. Menentukan Desain Web

Step ke-3 ini sangatlah penting bagi website anda, karena desain dari sebuah website mempunyai nilai jual tersendiri di mata konsumen. Usahakan desain yang anda inginkan sudah ada sebelum anda melakukan deal dengan perusahaan jasa web tersebut. Dengan demikian, anda dapat menanyakan langsung berapa lama untuk proses pembuatan web design tersebut. Jika anda memiliki gambar produk atau logo perusahaan, alangkah baiknya jika anda menyertakan foto produk dan logo perusahaan anda, sehingga perusahaan jasa pembuatan web dapat memberikan masukan dan ide untuk desain web anda.

4. Memilih Web Hosting dan domain

Jika anda masih awam tentang web hosting dan nama domain, lebih baik anda serahkan proses ini kepada yang lebih berpengalaman yaitu itu sendiri, karena biasanya mereka akan menawarkan dengan paket-paket hosting dan domain yang sudah siap pake. Namun jika anda ingin menentukan hosting dana domain sendiri, ada baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Misal, jika target pasar anda adalah dalam negeri, maka akan lebih baik jika nama domain anda menggunakan bahasa indonesia, dan hosting yang akan digunakan menggunakan server IIX server indonesia (bukan server luar). Untuk penjelasan terperinci proses ini akan saya bahas di lain kesempatan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama