Penerapan Multimedia
Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia,
apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini
memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.
Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar. - Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama
ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya. - Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia. - Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa
Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan
pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan
multimedia seperti :
Multimedia dalam bisnis
- Company Profile
- Presentasi Bisnis
- Simulasi atau demonstrasi produk
- dll
Multimedia dalam pendidikan
- Media pembelajaran
- Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll
Multimedia dalam bidang kesehatan
- Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
- Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
- Media penyuluhan kesehatan
Multimedia dalam bidang keagamaan
- Ceramah agama di televisi dan radio
- Quran digital dengan gambar dan suara
- Doa dengan gambar dan suara
- Simulasi sholat dan wudhu
Semoga Bermanfaat
Rista Rebecha Guponani Kilungga