Apakah SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau
optimalisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan
secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas
kunjungan dari mesin pencari menuju alamat situs tertentu dengan
memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada
posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian
berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati
posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan klik pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media
bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan
optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di
bidang perdagangan elektronik (ecommerce).
Sejarah Search Engine Optimization (SEO)
Menurut Danny Sullivan, istilah “search engine optimization” pertama
kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang
diposting di Usenet. Pada periode tersebut algoritma mesin pencari belum
terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi
yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web
mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung
pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci
yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin
pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini
menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan
kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang
mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer
Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan
membangun Backrub, sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan
algoritma matematis untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut,
yang dinamakan PageRank, merupakan nilai fungsi
matematis yang kompleks dari kombinasi antara perhitungan jumlah link
yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot
masing-masing link tersebut, dengan skala antara 1–10. Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan
bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web
yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan
semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki
peringkat yang tinggi. Jadi nilai sebuah link dari situs seperti Yahoo!
bernilai lebih besar daripada kombinasi nilai link dari seratus situs
web yang tak dikenal.
Backrub hanyalah sebuah embrio. Pada tahun 1998 Page dan Brin
mendirikan Google yang merupakan versi "dewasa" dari Backrub. Dalam
waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik
pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang
relatif bersih (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas
menjadi sistem standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi
webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank
setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil
pencarian.
Semoga Bermanfaat